Rabu, 04 Januari 2012

Tips Berbicara Di Depan Umum

Diposting oleh Unknown di 17.15
Dapat tugas kuliah presentasi, atau bahkan akan mempresentasikan program terbaru di divisi tempat bekerja, membawakan acara tertentu dan lain sebagainya, trus ngalamin yang namanya grogi tampil di depan umum atau istilahnya demam panggung? Idiiiih, ngak zamannya lagi, udah 2012 ya. Biasanya kalau sudah grogi tampil di muka umum, mulailah tangan berkeringat, bicara terbata-bata dan menggigil bahasa Na nya manggeretek.hehehehe. Trus solusinya agar berani tampil di depan umum apa Neyna????Eits, sabaar donk ah, Na kan mau sarapan dulu#Lontong Na belum abis ni.

Ok, dilanjutkan, lantas apa saja ya yang harus kita persiapkan agar berani berbicara di depan umum? Ini dia tips berbicara di depan umum, cekidooot

1. Persiapkan diri dengan bahan-bahan yang relevan
Ketika hendak tampil di depan umum dalam berbagai kesempatan, langkah awal yang mesti kita persiapkan adalah persiapkan diri. Kondisi harus fit. Ngak lucu ya ketika tampil di depan kita justru masih disibukkan dengan flu yang mengganggu. Tidur cukup, istirahat cukup dan banyak konsumsi air putih sebelum tampil di depan. Dengan kondisi yang baik rasa percaya diri kita juga akan semakin terdongkrak naik. Selain persiapan diri, persiapkan juga bahan-bahan yang akan kita tampilkan ketika tampil di depan nanti. Jika perlu, siapkan catatan kecil yang rapi, sehingga ketika sewaktu-waktu kita grogi dan menghilangkan memori-memori di otak kita#ini bukan amnesia ya, kita bisa membuka catatan kecil tersebut dan mengingatkan kita kembali pada poin yang akan kita bicarakan.
2. Siapkan penampilan terbaik
Tidak perlu harus ke salon atau lain sebagainya, yang terpenting ketika tampil di depan pakaian yang kita gunakan rapi dan penampilan kita bersih. Jangan sampai kita tampil di depan umum dengan keadaan yang aut-autan. Lakukan persiapan minimal di malam hari atau sehari sebelum hari-H, agar ketika tampil bisa dengan penampilan terbaik, rapi, cantik/ganteng dan wangi.
3. Latihan vocal sebelum tampil
Ketika kita tampil sebagai publik speaker, vocal yang keluar dari mulut kita haruslah vocal yang jelas. Karena itulah tidak ada salahnya untuk berlatih vocal, A-I-U-E-O sebelum tampil
4. Datang lebih awal
Sebelum tampil, kita harus sudah berada di lokasi minimal 15 menit. Hal ini agar kita menguasai ruangan atau tempat kita tampil nanti. Tujuannya agar kita bisa lebih rileks. Jika kita datang terlambat, keadaannya justru semakin tidak baik, selain tidak menguasai ruangan, konsentrasi kita juga tidak fokus.
5. Siap tampil
Ketika sudah siap dengan persiapan di atas, berarti kita sudah siap tampil. Ketika tampil dalam posisi berdiri, perhatikan juga sikap berdiri kita. Berdirilah dengan elegan, berdiri tegap. Bila perlu ketika akan tampil ini minum air putih, supaya tidak seret. Tarik nafas dalam dari hidung dan keluarkan dari mulut, agar lebih rileks.

Semakin sering kita tampil di depan umum, maka akan semakin terbiasa menghadapi orang banyak. Selamat tampil di depan umum :), cayyooo

0 komentar on "Tips Berbicara Di Depan Umum"

Posting Komentar

 

Indah Seindah - Indahnya Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting