Senin, 13 Desember 2010

Penampilan dan Ketampanan Rasulullah Saw

Diposting oleh Unknown di 19.51
Kalau kita bertanya kepada sahabat atau teman kita tentang "penampilan dan ketampanan Rasulullah saw" mungkin tak banyak yang bisa menjawab. Banyak anggapan yang lain-lain tentang penampilan Rasulullah. Padahal dalam berbagai hadist sudah banyak disebutkan bagaimana penampilan Rasulullah. ketampanan yang luar biasa. secara fisik. Banyak yang mengira Rasulullah itu tidak tampan, padahal dalam berbagai hadist jelaslah disebutkan bahwa Rasulullah memiliki

Kali ini saya mengajak anda melihat secara gamblang seperti apa sebenarnya penampilan dan ketampanan Rasulullah saw yang disebutkan dalam berbagai hadist. Sehingga kita bisa mengetahui sang suritauladan kita ini. Berikut pemaparan dari para sahabat Rasulullah saw tentang "Penampilan dan Ketampanan Rasulullah Saw" :

1. Imam Ghazzali's Ihya Ulum-Id-Din ( The Book of Religious Learning ) :
" Rasulullah saw. memiliki jasmani yang tampan. Sebagian orang menyatakan senyuman beliau seindah bulan purnama. Hidungnya tipis. wajahnya halus. janggutnya tebal. lehernya indah. jika cahaya matahari menyinari lehernya, hal itu tampak seperti campuran antara perak dan emas. bagian diantara pundaknya begitu lebar".

2. Dari Anas bin Malik :
"Rasulullah, tidak terlalu tinggi atau pendek. beliau tidak pucat pasi atau pun gelap. tidak memiliki rambut keriting atau pun lurus. Allah mengutusnya sebagai Rasul pada umur empat puluh. Beliau tinggal di Mekah selama sepuluh tahun dan di Madinah selama sepuluh tahun dan Allah Yang Maha Agung, mengambil nyawa beliau pada usia enam puluh. Tidak lebih dari dua puluh uban yang berada di rambut dan janggutnya. Semoga Allah memberkahi dan memberi kedamaian padanya".

3. Shamaa-il Tirmidhi :
"Rasulullah saw. begitu bersih, rapi, indah dan tampan".

4. Bara' bin Azib r.a :
" Aku tidak pernah melihat seseorang yang lebih tampan daripada Rasulullah saw. Rambut beliau panjang sampai ke pundaknya. Bagian di antara pundaknya begitu lebar. Beliau tidak terlalu tinggi ataupun pendek ".

5. Ibrahim bin Muhammad r.a :
" Ketika Ali r.a menggambarkan Rasulullah saw, ia berkata, 'Beliau tidak terlalu tinggi atau pendek, melainkan seorang pria dengan tinggi sedang. Rambut beliau tidaklah keriting ataupun bergelombang namun paduan daripadanya. Kulit beliau agak putih kemerahan. Beliau memiliki bagian mata yang hitam dan bulu mata yang panjang. Beliau memiliki bagian yang menonjol dari tulang belikatnya. Diantara pundak beliau terdapat tanda kenabian. Beliau memiliki dada yang paling sempurna dibanding orang lain. Memiliki perangai yang lemah lembut dan silsilah yang paling mulia. Mereka yang melihatnya langsung berdiri dengan perasaan kagum kepadanya dan mereka yang berkenalan langsung mencintainya. Mereka menggambarkan beliau mengatakan bahwa mereka belum pernah melihat seorang pun seperti beliau dulu ataupun setelahnya ".

6. Hasan r.a :
"Beliau memiliki kualitas dan penampilan yang sempurna; yang lain juga menghargainya begitu tinggi. Wajahnya yang penuh berkah bersinar seperti bulan purnama. Beliau lebih tinggi daripada pria yang tinggi. Rambutnya ikal. Jika rambutnya terbelah tanpa sengaja, beliau akan membiarkannya saja, kalau tidak, maka beliau tidak membuatnya menjadi terbelah di tengah. Rasulullah saw memilki corak kulit yang berkilauan dan dahi yang lebar. Alis beliau begitu tebal dan rapi. Leher beliau begitu indah dan tipis, seperti patung yang terpahat dengan rapi.Warna kulitnya begitu jelas, bersinar dan indah laksana perak. Seluruh bagian tubuhnya memiliki ukuran yang sempurna. Tubuh beliau tersusun dengan sempurnanya..".


Begitulah pemaparan saya tentang penampilan Rasulullah, luar biasa bukan? SEMPURNA. Penampilan dan ketampanan Rasulullah saw memang tiada duanya. Penampilan yang luar biasa ini di dukung dengan sikap yang sesuai dengan Al Qur'an. Jelaslah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. Oleh sebab itu, mari bersama-sama menyampaikan salam kangen kita kepada Rasulullah dengan bershalawat.

0 komentar on "Penampilan dan Ketampanan Rasulullah Saw"

Posting Komentar

 

Indah Seindah - Indahnya Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting