Selasa, 14 Desember 2010

Tuanku Tambusai

Diposting oleh Unknown di 23.19
Tuanku Tambusai
Tuanku Tambusai sebenarnya bukan nama asli beliau. Nama asli Tuanku Tambusai adalah Muhammad Saleh. Saya menulis artikel tentang Tuanku Tambusai ini karena beberapa waktu yang lalu melintas di Jl. Tuanku Tambusai dan tiba-tiba saya ingat kalau belum menuliskan pahlawan nasional dari Riau ini. Tentu sebagai warga Riau tidaklah bijak jika tidak menuliskan pahlawan yang berjuang begitu gigih untuk memusnahkan penjajah Belanda. di dalam blog. Berikut biodata Tuanku Tambusai :

Nama Lengkap : Tuanku Tambusai( Terlahir dengan nama Muhammad Saleh )
Lahir : Kampar, Riau 5 November 1784
Wafat : Negeri Sembilan, Malaysia 12 November 1882.

Tuanku Tambusai belajar banyak dengan salah satu pahlawan dari Sumatra Barat yakni Tuanku Imam Bonjol. Berkat kegigihannya menentang para penjajah Belanda, Tuanku Tambusai diberi kelar oleh para Belanda yakni Harimau Padri dari Rokan.

Tuanku Tambusai memimpin kaum Padri di Sumatra Barat bagian utara di tahun 1832,Bahkan Tuanku Tambusai berhasil membuat sebuah benteng di Dalu-dalu. Pada tahun 1833 Tuanku Tambusai mulai kembali menyerang Belanda di bagian utara Sumatra Barat dan daerah sekitar Tapanuli Selatan.

Tahun 1835-1837 merupakan tahun yang sulit bagi perjuangan Tuanku Tambusai yang harus melawan pasukan Beladan yang berjumlah 14.000 prajurit. Namun Tuanku Tambusai memiliki kecerdikan yang tinggi, ia beserta kaum Padri menyerang pos-pos Belanda hingga konsentrasi pecah. Walau demikian Benteng Bonjol di Sumatra Barat berhasil Belanda taklukan pada tanggal 16 Agustus 1837. 

Pada Tanggal 28 Desember 1838, benteng utama Dalu-dalu berhasil Belanda lumpuhkan. Namun Belanda tidak menemukan sang Tuanku Tambusai yang kebetulan berhasil mengklabui Belanda untuk pergi ke Malaysia.

Tuanku Tambusai dianugrahi PAHLAWAN NASIONAL berdasarkan SK Presiden RI.No.071/TK tahun 1995. 

0 komentar on "Tuanku Tambusai"

Posting Komentar

 

Indah Seindah - Indahnya Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting