Senin, 27 Februari 2012

Bolu Kukus Ketan Hitam

Diposting oleh Unknown di 20.16
Alhamdulillah dapat kiriman ketan hitam dari Mbak Ambar. Mbak yang satu ini memang sangat doyan ketan hitam. Jadi kalau sempat ada di Pekanbaru dan sempat main ke studio Radio beliau ngak pernah absen membawakan ketan hitam untuk Na. Maaciiih mbak Ambar...Dan kebetulan Na tuw juga sangat doyan ketan hitam. Pernah sangkin pengennya ketan hitam, keliling nyari ketan hitam plus lemang panggang, so yummy...enak banget. Bolu Kukus ketan hitam buatnya terinspirasi dari Blognya Mbak Endang Just Try and Taste. Buatnya gampang, cepet dan rasanya enak banget. Bayangkan Na yang jam 7 pagi ajha dah harus on air masih sempet buatnya. Sebelum berangkat siapin bahan-nya, yang dimasak dulu dah dimasak, tinggal masukin wadah, bawa cetakan, steam it, dan capcuuus ke radio.

Sampai di radio ngak langsung mengukusnya, karena harus siaran dulu sampai jam 9 pagi. Habis siaran barulah beraksi. Mengukus kue. Semuanya Na lakuin sendiri, habis dikukus Na tinggal kerja. Di kantor Na ni, lengkap semuanya. Kantornya hommy banget dech ih. Menunggu sebentar, tarraaa kuenya jadi. Baiklah, meminjam resep Mbak Endang JTT, ini bahan-bahan untuk buat Bolu Kukus Ketan Hitam
Bolu Kukus Ketan Hitam
Bahan:

Gula Pasir 80 gram
Gula Palem (Gula merah) 80 gram
Air 150 ml
Tepung terigu 200 gram
Telur 1 butir (kocok lepas)
Minyak goreng 100 ml
Tape ketan hitam 150 gram
Baking powder 1 sdt
Sedikit garam

Cara Membuat Bolu Kukus Ketan Hitam

Blender tapai ketan hitam dengan sedikit air
Sisa air gunakan untuk merebus gula pasir dan gula palem, rebus hingga gula larut, dinginkan. Pastikan rebusan gula ini benar-benar dingin sebelum dicampur dengan bahan lainnya. Hal ini agar tepung tidak masak ketika diaduk.
Di tempat terpisah masukkan tepung, baking powder dan garam
Lubangi bagian tengahnya, masukkan gula yang sudah dilarutkan, telur yang sudah dikocok lepas, minyak goreng dan tape ketan hitam yang telah dihaluskan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur. Masukkan ke dalam cetakan bolu kukus yang telah dilapisi cup kertas, kukus lebih kurang 20 menit. Angkat dan keluarkan dari cetakan.
Bolu kukus ketan hitam siap disantap dalam keadaan hangat atau dingin. :)

0 komentar on "Bolu Kukus Ketan Hitam"

Posting Komentar

 

Indah Seindah - Indahnya Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting