Rabu, 18 April 2012

Menulis Skenario

Diposting oleh Unknown di 01.04
Mungkin kita pernah gregetan ketika menyaksikan sebuah sinetron yang tiba menguras esmosi dan air mata. Nah, kalau sudah seperti ini berarti orang-orang di belakang layarnya bisa dikatakan hebat. Namun ada kalanya justru kita sudah bisa menebak jalan cerita dari suatu film ataupun sinetron. Nah, untuk dapat menulis skenario yang bagus, terlebih dahulu kita harus tahu apa saja bekal yang harus kita siapkan agar dapat menjadi penulis skenario handal.

Tarraaaa, ini dia bekal untuk menjadi penulis skenario.
1. Niat dan Dukungan diri sendiri
Ini ni yang penting ketika kita ingin membenamkan hari-hari kita dalam kegiatan penulisan skenario, harus ada niat yang besar dulu dari kita. Ini tidak dapat paksaan dari orang lain. Mengapa? karena kerja dengan niat dan keinginan dari hati jauh lebih indah hasilnya ketimbang paksaan dari yang lain. Hal ini didasari dari minat kita terhadap hal apa yang akan kita kerjakan.
2. Motivasi
Motivasi bisa hadir dari diri sendiri, orang tercinta bahkan orang lain. Ingin menjadi penulis skenario handal yang menghasilkan karya-karya apik, ini juga bisa menjadi salah satu motivasi kita sebelum terjun menjadi penulis skenario. Ingin mendapatkan materi dari hasil kerja keras di bidang penulisan ini juga tidak ada salahnya.
3. Disiplin
Dalam hal apapun, disiplin memegang peranan besar dalam kesuksesan. Tidak menutup kemungkinan untuk hal tulis menulis. Segala hal yang dijalani dengan serius pastinya akan berbuah hasil yang baik. Meskipun menulis terkait dengan imajinasi, namun dalam pekerjaan ini kita harus memiliki target. Target yang ada harus kita selesaikan dalam waktu yang sudah ditentukan. Hal ini mutlak harus dilakukan apalagi jika kita bekerja pada orang lain.
4. Ilmu
Untuk dapat menulis skenario dengan baik, kita juga harus memiliki ilmu mengenai hal yang satu ini. Kita dapat memahami segala macam bacaan, baik fiksi maupun non fiksi untuk menambah ilmu menulis. Menyaksikan informasi yang disajikan media massa juga sangat menunjang ilmu untuk menulis skenario ini. Banyak-banyaklah bergaul dengan teman-teman yang sudah terbiasa dalam bidang menulis. Dengan demikian kita juga akan termotivasi menghasilkan karya yang bagus. Memperluas pergaulan dengan berbagai kalangan juga sangat baik dilakukan untuk menambah pengalaman. Ketika pergaulan kita luas, maka kita juga akan faham berbagai karakter manusia yang nantinya akan kita tuangkan ke dalam skenario.
5. Action
Jangan malas untuk memulai. Sebagus apapun ide di kepala mengenai suatu cerita jika tidak dimulai melakan penulisan maka hasilnya juga akan nihil.

Nah, ketika bekal ini sudah kita miliki, maka kita akan siap untuk bertempur dengan segala macam medan penulisan.Jangan takut dan ragu untuk memulai menulis skenario :)

0 komentar on "Menulis Skenario"

Posting Komentar

 

Indah Seindah - Indahnya Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting