Sabtu, 07 April 2012

Rumah Jamur, Mengubah Limbah Jadi Rupiah

Diposting oleh Unknown di 21.29
Rumah Jamur? ya belakangan Na mulai menekuni usaha yang satu ini. Punya plan buat jadi petani jamur di Pekanbaru. Awal mula tahu dengan Rumah Jamur, ketika suatu waktu Na sama Atuk ke Diskop UKM Pekanbaru, dan kita berkenalan dengan seorang Ibu. Dari ibu itulah kita tahu mengenai usaha budi daya jamur di Pekanbaru. Mengapa harus jamur? alasannya sih simple. Jamur tidak memerlukan lahan yang luas, tidak memerlukan modal yang besar, jangka waktu untuk panen singkat dan perawatannya sangat mudah. 

Budi daya jamur khususnya di Pekanbaru masih sangat terbuka lebar. Hal ini terbukti permintaan pasar akan jamur sangat besar sementara Rumah Jamur hanya mampu memenuhi 1/3 nya. Memang kalau ngomongin usaha jamur, di Pekanbaru jauh tertinggal dari Jawa yang mungkin sudah melirik usaha ini sejak puluhan tahun lalu. Namun faktanya di Pekanbaru, seperti inilah peluang pasar nya. Mengapa mengubah limbah menjadi rupiah? Nah, ini ni yang Na suka. Di Pekanbaru banyak dijumpai soumil, otomatis banyak serbuk gergaji, sekam padi juga tidak sulit menemukannya. Limbah-limbah organik lainnya juga sangat mudah ditemukan. Ngapa Na tahu? ya karena sejak awal kuliah di 2004 yang lalu Na udah berkutat di limbah-limbah organik seperti ini karena sewaktu kuliah dulu Na juga udah tergabung di Kelompok Mahasiswa Peneliti dan Pengembang Bokashi Univ Riau. Bokashi itu nama pupuk organik di Jepang. Ngomongin bahan baku antara Komppos dahulu dengan budi daya jamur lebih kurang sama.

Rumah Jamur yang sudah ada sejak 7 tahun yang lalu di Pekanbaru, tidak bisa dipandang sebelah mata, Hal ini dikarenakan sudah banyak memiliki plasma dan kita juga sudah banyak memberikan pembekalan budi daya jamur, tidak hanya ke dinas tapi juga masyarakat. Bisa dibilang Rumah Jamur jadi pelopor usaha jamur di Pekanbaru. Sekarang fasilitas yang ada juga sudah semakin berkembang. Tidak hanya melulu soal budi daya, tapi juga Rumah Jamur menyedikan pelatihan budi daya jamur. Segala sesuatu yang berhubungan dengan jamur (budi daya) ada di Rumah Jamur. Mulai dari Media, peralatan, pelatihan, bibit, field trip (kunjungan), jamur segar, jamur kering, jamur kering hingga olahan Jamur. Yang tertarik untuk budi daya jamur bisa menghubungi Na (08994235575), untuk konsultasi usaha jamur, pelatihan dll,

0 komentar on "Rumah Jamur, Mengubah Limbah Jadi Rupiah"

Posting Komentar

 

Indah Seindah - Indahnya Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting