Sabtu, 29 Januari 2011

Tetap Sehat Dikala Musim Hujan Tiba

Diposting oleh Unknown di 21.22

Pekanbaru lagi dilanda musim hujan. Setiap hari hujan, bahkan tidak putus-putusnya. Enak sih, adem. Ada juga tidak enaknya, jemuran tidak kering sehari. Tidak hanya cukup sampai di sana, kondisi badan juga bisa-bisa turun jika hujan turun berkepanjangan, ya selain banjir juga khususnya di daerah langganan banjir. Eits, tapi tenang saja, tidak mengapa hujan yang membawa banyak rahmat itu turun. Yang terpenting kita yang perlu mencari cara untuk mengakalinya. Jangan mau kalah dengan hujan (kalau kalah sekali tidak masalah, 1-0 masih dimaafkan). Nah, apa saja yang bisa kita lakukan agar tetap sehat dikala musim hujan tiba?

1. Sedia payung sebelum hujan. Ungkapan ini memang sangat tepat dilakukan. Memang dikala mendung tidak selamanya akan turun hujan. Namun harus selalu siap dan waspada untuk selalu menyediakan pelindung seperti payung dan jas hujan, khususnya untuk yang berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan roda dua (roda empat sich tidak terlalu bermasalah, namun tetap harus menyiapkan payung). Jika dahulu menggunakan jas hujan ataupun mantel rada malu, namun pada saat sekarang, jas hujan yang ada sudah bervariasi dengan model dan juga warna yang lucu-lucu sehingga Anda akan tetap terlihat fashionable. Jika sudah menggunakan pelindung namun masih tetap basah, segera ganti pakaian dengan pakaian yang kering. Karena jika tetap memakai pakaian basah maupun lembab maka akan sangat rentan terkena masuk angin.

2. Agar daya tahan tubuh lebih oke, kita bisa meningkatkan daya tubuh dengan mengkonsumsi vitamin maupun ginseng. Mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C juga sangat baik. Makanan dengan kandungan protein yang tinggi juga tidak masalah. Hal ini disebabkan karena protein akan membangun sistem kekebalan tubuh.

3. Konsumsi makanan dan minuman yang hangat namun bergizi, semisal sup ataupun bandrek. Akan lebih baik jika istri langsung yang menyediakan untuk keluarga tercinta (akan lebih hangat lagi tuw). Tidak perlu membuat makanan yang rumit dari segi pembuatan, cukup yang gampang dan praktis. Seperti di kukus ataupun direbus.

4. Banyak bergerak. Tidak harus melakukan olahraga di luar rumah yang basah. Namun cukup dengan cara bersih-bersih rumah dan memasak yang akan mengeluarkan energi dan mengeluarkan keringat.

5. Jika sudah sering beres-beres, kemungkinan untuk terkena penyakit juga akan semakin kecil. Ada beberapa penyakit yang biasanya menjadi langganan dikala hujan datang seperti cikungunya dan juga flu. Cikungunya mungkin akan sulit untuk dicegah secara nyata karena disebabkan oleh gigitan nyamuk namun untuk flu kita dapat mencegahnya dengan selalu mencuci tangan.

6. Kontrol emosi. Jika emosi tidak stabil, kondisi psikologis akan turut terganggu. Akibatnya akan sering nangis (huahahah, bisa tambah banjir). Bukan karna itu juga, tetapi lebih kepada kondisi fisik yang ok jika emosi terkontrol dan terkendalikan dengan baik.

0 komentar on "Tetap Sehat Dikala Musim Hujan Tiba"

Posting Komentar

 

Indah Seindah - Indahnya Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting