Jumat, 28 Mei 2010

Khasiat Kunyit

Diposting oleh Unknown di 17.53
Kunyit jadi post kedua na ditanaman obat. Karena si cantik berwarna kuning ini (warna fav daku), setiap masak, saya suka mengikut sertakannya. Mengundang selera, itulah kesan yang tertangkap kalau masakan selalu dibubuhi kunyit.

Berdasarkan buku "Memanfaatkan Pekarangan untuk Taman Obat Keluarga, Agromedia"
Kunyit (Curcuma domestica), merupakan tumbuhan terna yang memiliki batang berwarna hijau keunguan dan daun berjumbai. Bunga kunyit biasanya muncul dari ujung batang semu, dengan panjang 10-15 cm berwarna putih atau kuning pucat. Umbi utama berbentuk bulat panjang.

Tanaman ini biasanya tumbuh di daerah dataran rendah sampai daerah tinggi dengan ketinggian 2000 m dpl. Menyukai tanah yang kaya bahan organik, tidak tergenang air dan memiliki curah hujan yang tinggi berkisar 2.000-4.000 mm/tahun. Perbanyakan bisa dilakukan dengan stek rimpang. Untuk menghsilkan rimpang yang lebih besar dan baik, sebaiknya tanaman dibudidayakan di tempat terbuka dan bertanah ringan, eperti tanah lempung berpasir.

Bagian tanaman yang berkhasiat obat adalah rimpangnya yang mengandung minyak asiri 3-5%, kurkumin, pati, tanin, dan damar. Khasiat kunyit antara lain untuk mengobati sakit perut, mencret, pencahar, anti septik, pembengkakan selaput lendir mulut, pendarahan, koreng, asma, dan perangsang nafsu makan.

Di rumah lage membiakkan si cantik ini, mudah2an berhasil deh, doakan saia ya, belum terlambat.

0 komentar on "Khasiat Kunyit"

Posting Komentar

 

Indah Seindah - Indahnya Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting