Selasa, 22 Juni 2010

7 Cara Gembira Mengerjakan PR

Diposting oleh Unknown di 23.20

Tugas atau pekerjaan rumah tidak hanya menolong anak belajar mengenai subjek yang dipelajarinya di sekolah, tapi juga merupakan salah satu cara untuk mengembangkan rasa tanggung jawab pada diri anak. Artinya, dengan menerjakan PR, anak jadi belajar bagaimana caranya mengatur dan mengalokasikan waktu untuk suatu tugas dan bagaimana ia harus menyelesaikan tugas tadi dengan rapi serta benar.

Nah, semua hal tersebut merupakan suatu keterampilan yang sangat dibutuhkan anak untuk bekal kehidupannya. Lewat PR pula anak akan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih positif. Tentu saja, sebagai orang tua, kita diwajibkan untuk tidak menolong menerjakan PR dan hanya sebatas menemani serta memberitahu jika ia tak mengerti soal yang diberikan gurunya.

Berikut sejumlah cara yang dapat menolong anak lebih giat, serius, dan teliti mengerjakan tugas-tugas rumah yang diberikan gurunya.

1.Tempat Tenang & Nyaman

Tentukan suatu tempat yang pasti di mana anak dapat mengerjakan PR secara teratur. Tempat ini harus cukup cahaya, terang, nyaman, dan tenang tanpa ada gangguan teve, suara-suara anak bermain, atau orang berbicara/menelepon. Pendek kata, jauhkan anak dari sumber keributan yang bisa membuat konsentrasinya pecah.

2.Waktu Teratur

Pilihlah waktu yang sama setiap hari untuk membuat pekerjaan rumah. Bagi sebagian anak, waktu yang mereka anggap enak adalah sehabis makan sepulang sekolah. Sebagian lagi lebih suka mengerjakan PR setelah main atau istirahat sore. Celakanya, ada juga anak yang malas mengerjakan PR. Untuk mereka, tetapkan aturan, "Tidak boleh nonton teve atau main game di komputer sebelum mengerjakan PR."

3.Pegang Peranan

Biarkan anak memegang peranan untuk membuat "peraturan" berkaitan dengan masalah PR. Beri ia kepercayaan untuk memutuskan kapan dan di ruang mana ia akan mengerjakan tugas rumahnya. Misalnya, ia hanya ingin menyelesaikan PR di meja belajar di kamarnya pada sore hari. Hormati putusan anak. Ini akan amat membantu meminimalkan perselisihan dengan anak gara-gara masalah PR.

4.Kontrol

Biasakan memonitor PR anak. Apakah dia mempunyai masalah saat mengerjakan tugas-tugasnya atau apakah dia mudah sekali jenuh pada waktu mengerjakan PR-nya? Apakah dia mengerti bagaimana cara mengerjakannya atau apakah PR itu terlalu sulit baginya? Pada waktu dia sedang mengerjakan PR apakah TV menyala, ada telepon berdering, bercakap-cakap dengan anggota keluarga lainnya, sehingga konsentrasinya terganggu?

Jika terjadi tanda-tanda seperti di atas, sebaiknya bantu anak mengatasi masalah-masalah tadi. Matikan teve, tidak membuat PR dekat meja telepon, jangan biarkan sang kakak atau adik mengajaknya ngobrol sebelum PR selesai dikerjakan.

5.Jangan Pernah Membuatkan PR Anak

Memang sangat disarankan para orang tua menemani anak sangat membuat PR dan membantunya jika ia mnemerlukan pertolongan. Tapi tidak berarti Anda boleh membantu membuatkan tugas-tugasnya. Sekali-sekali Anda boleh membantu menjelaskan bagaimana cara membuat tugas tersebut, tapi ingat, biarkan anak mencoba terlebih dahulu sebelum menawarkan bantuan padanya.

Membuatkan PR anak bukanlah tindakan bijaksana. Selain anak tidak dilatih untuk bertanggung jawab, ia juga kehilangan kesempatan untuk memahami/mendalami mata pelajaran yang diberikan guru karena salah satu tujuan guru memberi PR adalah agar anak semakin paham akan mata pelajaran yang didapatnya di sekolah.

6.Reaksi Positif

Dampingi anak saat ia tengah mengerjakan PR nya. Anda bisa sambil membaca buku/koran atau melakukan kegiatan lain tapi tidak sambil menonton teve atau menelepon. Sesekali lihat pekerjaan anak. Jika ia telah mengerjakan dengan betul dan baik, pujilah dia. Sebaliknya, jika anak melakukan kesalahan, jangan mengeritiknya. Tanyakan kesulitan yang dihadapinya, terangkan, dan bantu ia mengoreksi kesalahannya. Sekali lagi, bukan berarti Anda memberitahu jawabannya, melainkan membantu memecahkan masalah dengan cara menerangkan atau memberikan rumus-rumusnya.

7.Selalu Berhubungan Dengan Guru

Jika anak tampak memiliki masalah dalam mengerjakan PR, misalnya soal yang diberikan sulit dimengerti, anak kurang memahami pelajarannya sehingga tidak dapat menyelesaikan PR, atau acuh sama sekali, laporkan pada gurunya. Anda juga dapat menulis catatan di buku penghubung guru-orang tua murid. Yang penting, jalin selalu hubungan dengan guru sehingga senantiasa bisa berkomunikasi dengan baik untuk masalah pendidikan anak. Ingat, tugas mendidik tak hanya pada pundak guru semata!

Kanti

http://www.tabloidnova.com/Nova/Tips/7-Cara-Gembira-Mengerjakan-PR

0 komentar on "7 Cara Gembira Mengerjakan PR"

Posting Komentar

 

Indah Seindah - Indahnya Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting