Jumat, 10 September 2010

Hari Raya

Diposting oleh Unknown di 00.11
Hari ini kita LEBARAN. Dari tadi malam, senengnya udah memuncak. Tapi na aneh, sangkin senengnya na malah ndak mau makan (bener-bener aneh kan?). Siap beres-beres tadi malam udah jam 12-an gitu, makan, galak-galak sama Ayah dan Ibu. Mata pun sebenarnya dah letih tapi tak nak juge tidur. Perut pun dah letih tapi tak nak makan. Berlama-lama menyiapkan dan beres-beres rumah ini membuat na pengen cepat-cepat ke kasur.

Memasuki kamar dah jam 12-an, tiba-tiba na sedich banget. Padahal kan itu malam kemenangan, malam takbiran. Sedich na dengar berita kalau bakalan ada Aksi pembakaran Alquran Oleh Pastor Terry Jones dan kelompoknya. Sedich banget, Alquran itu pedoman hidup buat Umat Islam, kok dibakar. Na ajah buku tulis yang udah penuh na tulisin, ngak tega na bakarnya. Apalagi dia si Terry Jones itu mau bakar kitab suci na. Sadiach bana na, nangis na dibueknyo. Tapi kalau sempat dia lakukan di 11 September itu, Allah pasti akan kasih balasannya. Ya kan teman-teman. Tanpa na sadari, keasikan nangis, akhirnya na tertidur.

Dibangunkan subuh-subuh, na pikir mau makan sahur, tapi untungnya otak na yang volumenya ndak seberapa itu tapi bekerja semua langsung bereaksi mengingat, dan langsung ingat kalau ini sudah Syawal. Oye, oye, oye, ini sudah Syawal. Lepas sholat Subuh, wadaw, baru ingat kalau baju baru Ayah belum digosok, cepat-cepat na menggosoknya. Siap ngosok, perut ndak tanggung laparnya. Matanya mencoba mencari-cari, menangkap apa ya kira-kira makanan ringan yang bisa mengisi perut na. Clingak-clinguk di kulkas, na jumpai bolu kukus, sebuah tergeletak dengan manisnya. Na makan ajah. Ternyata perut na belum cukup terisi. Rupanya makanan itu memang benar-benar ringan, sehingga tidak terasa sedikitpun memasuki perut. Na cari lagi apa ya kira-kira yang enak. Akhirnya pilihan jatuh kepada Brownies kukus pandan. Mari kita potong besar-besar, biar kenyang perut kita.

Siap makan si brownies, na mandi, segeh-segeh mau ke mesjid untuk sholat Ied. Mandi, wangi-wangi, pakai baju rancak, nio ka musajik mah. Akhirnya jam 7 lewat, kita berangkaaaaaaaaaat ke mesjid, dengan berjalan kaki. Sampai di mesjid ternyata orang belum mulai sholat. Jadi kita bertakbir dulu, mengagungkan asma Allah. Samapi masuk waktu sholat Eid dan ceramah, habis itu salam-salaman, dan kita pulaaaaaaaaaaaaang. Senang banget na ketika dah pulang. Selama Sholat dan ceramah mata na ndak tanggung ngantuknya. Mudah-mudahan ngantuknya karen akurang tidur, bukan karena banyaknya setan yang senggayut (ondeeeh bahasa apa tuw) di matana. Hus hus hus, jauh jauh kow setan, sana hus hus hus.

Jalan pulang kembali berjalan kaki, bagageh-gageh dek sankin ngantuaknyo. Sampai di rumah langsuang na mahambua ka kasua. Lalok laaaaaaaaaaaaaaaaaai, Yuuuuk mariiii. Bangun udah jam 10 ajha. Dibangunin Ibu, suruh buat sambal kering tempe. Oooo baiklah. Langsung na lakukan. Selesai na buat sambal kering tempe, giliran si Ibu yang buat mihunnya. Tapi kami sambil masak, sambil ngelayanin tamu yang datang, karena tamunya ndak putus-putus. Senangnya, rame yang datang.

Habis tamunya pulang na langsung makan lontong Ala na dan Ibu. Siap makan langsung buru-buru ke radio. Siaran lai. Menghabiskan jam demi jam di studio ini. Selamat hari raya ya teman-teman

0 komentar on "Hari Raya"

Posting Komentar

 

Indah Seindah - Indahnya Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting